image-path image-path

Meditasi untuk Membantu Menenangkan Emosi

artikel-detail

Stres yang tidak terkontrol dapat menyebabkan efek negatif pada sistem biologis dan berdampak pada kesehatan. Walaupun beberapa stress itu normal, namun tetap harus dikontrol karena dapat berdampak pada kesehatan dan kualitas hidup. Stress terus-menerus yang tidak terkontrol dapat mempercepat proses penuaan melalui pemendekan telomer, meningkatkan risiko penyakit jantung, masalah pencernaan, dan menyebabkan depresi.

Terdapat beberapa penelitian yang menjelaskan hubungan stress yang berkepanjangan dengan pertumbuhan dan progresivitas kanker. Salah satunya mempelajari tentang manfaat meditasi dalam mengurangi stress pada pikiran dan tubuh.

Beberapa studi menyatakan bahwa meditasi dapat meringankan gejala tertentu dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Meditasi bermanfaat untuk:
  1. memperbaiki mood,
  2. meningkatkan konsentrasi,
  3. mengurangi kecemasan dan depresi,
  4. mengurangi gejala tertentu seperti mual, dan meningkatkan sistem imun.
  5. mengendalikan tekanan darah, rasa nyeri, kelelahan, dan kesulitan tidur.

Meditasi berarti duduk diam, membersihkan pikiran dari masa lalu dan kekhawatiran di masa depan, memfokuskan pikiran ke masa sekarang tanpa pikiran-pikiran yang menggangu. Saat meditasi, seseorang akan fokus untuk merasakan sensasi, seperti pernapasan, dan sungguh-sungguh merasakan sensasinya tanpa mengkhawatirkan atau memikirkan hal lain. Saat meditasi, beberapa orang membaca ayat atau mantra tertentu, namun beberapa orang memilih untuk mengosongkan pikiran. Meditasi dapat dilakukan seorang diri, atau dengan bimbingan orang lain.

Perlu waktu untuk merasakan manfaat dari meditasi. Pada awalnya anda mungkin merasa kesulitan, namun jika terus berusaha meluangkan sedikit waktu setiap harinya untuk mencoba berlatih, seiring berjalannya waktu anda akan dapat merasa lebih tenang dan stress dapat berkurang. Kuncinya adalah terus berlatih.