image-path image-path

Diet yang Dianjurkan untuk Pasien Kanker Prostat

artikel-detail

Pengaruh diet terhadap kanker prostat sudah banyak diteliti. Beberapa studi mempelajari bahwa berat badan dan diet dapat mempengaruhi rekurensi dan progesivitas kanker prostat. Beberapa penelitian menyatakan bahwa diet dengan berbasis tumbuhan merupakan pilihan terbaik untuk kanker prostat.

Daging merah, daging yang diproses, dan makanan yang tinggi lemak berefek kurang baik untuk kanker prostat. Makanan berbahan dasar tumbuhan seperti kedelai, buah-buahan, sayuran memiliki efek sebaliknya. Mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat membantu menurunkan pertumbuhan kanker prostat.

Beberapa makanan dan nutrien dapat membantu menurunkan Prostate Spesific Antigen (PSA) dan menurunkan angka rekurensi dan meningkatkan angka kelangsungan hidup. Progresivitas kanker prostat mungkin dapat berkurang dengan:
  1. Gaya hidup sehat yang komprehensif:
    Gaya hidup ini mencakup diet, aktivitas fisik yang rutin, dan berat badan yang ideal. Program ini bermanfaat untuk kanker prostat dan mencegah penyakit kronis.
  2. Makanan yang mengandung likopen:
    tomat yang sudah dimasak,dan buah-buahan yang berwarna merah seperti semangka, jambu biji, dan jeruk bali mengandung antioksidan, yaitu likopen. Laki-laki dengan kanker prostat yang rutin mengonsumsi tomat atau suplemen likopen 30mg sehari mengalami penurunan angka PSA dan memperlambat pertumbuhan kanker prostat.
  3. Kedelai:
    Kedelai diketahui mempunyai sifat anti kanker, dan memiliki perlindungan terhadap pertumbuhan kanker prostat. Pilihan makanan yang mengandung kedelai yaitu dapat berupa kacang kedelai, minuman kedelai, atau tah. Kedelai kaya akan protein, serat, kalsium, dan nutrisi lain.
  4. Flaxseed:
    Pilihlah flaxseed atau makananan yang mengandung flaxseed, seperti sereal, roti gandum sebagai bagian dari diet sehat. Dalam 1 sendok makan flaxseed mengandung 36 kalori, 3 g lemak, dan 2 g serat
  5. Makanan yang mengandung selenium:
    Selenium terkandung dalam daging, ikan, unggas, telur, produk susu, dan gandum. Diet kaya selenium dapat bermanfaat baik untuk kanker prostat.
Baik Untuk Pasien Kanker Prostat Kurang Baik Untuk Pasien Kanker Prostat
Makanan yang mengandung likopen
(tomat, semangka, jambu biji, jeruk bali)
Daging merah
Kedelai Makanan yang diproses
Flaxseed Alkohol
Makanan yang mengandung selenium
(ikan, unggas, telur, gandum)
Lemak jenuh (butter, keju, krim)

Namun diet makanan tidak dapat digunakan sebagai terapi tunggal untuk kanker prostat. Terapi medis tetap dibutuhkan untuk mengobati atau mengurangi rekurensi penyakit.