image-path image-path

Care Support dalam Kasus Kanker Prostat

artikel-detail

Saat seseorang terdiagnosis kanker prostat, hal tersebut bukan hanya mempengaruhi pasien, namun juga keluarga, kerabat, dan orang yang merawat pasien. Saat menjalani perjalanan ini, berikut beberapa hal yang mungkin diperlukan untuk mendukung orang terdekat anda.

  1. Mencari tahu sebanyak mungkin tentang kanker prostat
    Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan dalam mendampingi pasien dengan kanker prostat yaitu dengan mempelajari dan memahami sebaik mungkin tentang kanker prostat mulai dari diagnosis, pemeriksaan, hingga terapi dapat bermanfaat baik untuk mendampingi pasien. Namun sebaiknya anda mempelajarinya dari sumber yang terpercaya, seperti organisasi resmi yang menyediakan informasi mengenai kanker prostat, dan bertanya sebanyak mungkin kepada dokter.
    Dalam mengambil keputusan dalam diagnosis atau terapi, penting untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang manfaat, risiko, atau efek samping dari suatu diagnosis atau pengobatan sehingga mengurangi kekhawatiran pasien dan keluarga
  2. Bergabung dalam support group
    Mengatahui bahwa anda dan orang yang anda sayangi tidak sendiri terkadang akan membantu merasa lebih baik. Anda dapat bergabung dengan support group di rumah sakit atau dapat juga bergabung dalam komunitas online.
  3. Bekerja sama dalam tim
    Sebagai anggota keluarga dari pasien yang memiliki kanker prostat, anda dan keluarga perlu untuk bekerja sama dalam tim dalam menghadapi hal ini. Hal yang dapat anda lakukan yaitu menemani pasien berobat ke dokter dan berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan, mengingatkan jika saat kontrol ada hal-hal yang perlu ditanyakan kepada dokter, dan saling mengingatkan dalam menjalani pengobatan. National Cancer Institute menganggap penting untuk saling terbuka dan jujur mengenai perasaan masing-masing saat salah satu anggota keluarga merasa stress, cemas, atau gelisah, namun tetap saling mengerti jika anggota keluarga yang memiliki kanker prostat merasa tidak ingin membicarakan tentang kondisinya. Yang terpenting adalah anda memiliki satu sama lain sebagai keluarga dan saling mendukung.
  4. Menjaga Kesehatan diri
    Anggota keluarga dan kerabat dekat perlu mengingat bahwa menjaga dirinya sama pentingnya dengan menjaga keluarga yang memiliki kanker. Agar dapat optimal dalam menjaga keluarga yang memiliki kanker prostat, keluarga atau pendamping perlu untuk menjaga dirinya. Menjaga diri yang dimaksud disini adalah tidur yang cukup, makan teratur, dan istirahat sejenak untuk melakukan hal-hal yang disenangi, termasuk menerima bantuan dari orang terdekat. Berkerja sama dengan orang terdekat dapat membantu meringankan stres dan memberikan waktu untuk beristirahat.